PENYEBAB PENYAKIT MENURUT TCM (2)

2. Dingin

Penyebab penyakit ini tergolong dalam jenis Yin, karena itu menyerang dan melukai Yang Ci tubuh.

Pada saat dingin menyerang Piao tampak gejala: suhu badan meninggi, tidak keluar keringat, sakit kepala, badan terasa ngilu-ngilu/pegal-pegal, takut dingin, nadi mengambang dan cepat. Bila menyerang Luo maka tampak gejala: ngilu-ngilu seluruh persendian, pegal-pegal seluruh otot tendon. Bila masuk ke dalam Gang Fu maka tampak gejala: usus berbunyi, mulas diare.

Disamping itu didapat pula jenis dingin dalam sebagai akibat Yang Ci terluka dan menjadi lemah (karena sesuatu sebab yang bukan faktordingin dari luar) dengan gejala: muntah, mual, diare, kaki tangan dingin, nadi tersembunyi. Jenis dingin ini tidak termasuk dalam golonganPenyebab Penyakit Luar, tetapi seperti halnya angin dalam, perlu untuk di ketahui dan untuk membedakannya.

3. Xu

Xu (baca Cu) dicerminkan sebagai Panas. Sebenarnya yang di maksud dengan Cu ini adalah hawa udara pada musim panas.

Gejala penting untuk penyakit karena Cu ini adalah: Sakit kepala, suhu badan meninggi, haus, gelisah, berkeringat, nadi besar dan kosong.

Bila Yang Ci terserang faktor dingin (yang terjadi pada musim panas di mana kena angin serta minum yang dingin-dingin waktu malam) akan terlihat gejala: kulit badan panas tinggi, takut dingin, kepala sakit dan berat, perut mulas, mual dan muntah. Penyakit ini juga disebut sebagai Yin Cu (Cu jenis Yin).

Bila hawa udara sedang panas-panasnya pada musim panas serta melakukan perjalanan jauh atau kerja berat, lalu tiba-tiba pingsan, banyak keluar keringat dingin, kaki tangan dingin, muntah, diare atau sesak dan haus setelah sadar; ini disebut sebagai terkena Cu (Cung Cu, Cung berarti terkena).

Apabila Cu bersama-sama dengan lembab menyebabkan gangguan pada usus tampak gejala disentri; bila dsisertai dengan mual, muntah, kejang disebut sebagai Huo Luan atau Kolera.

Ada pula yang disebut sebagai Fu Cu yaitu Cu yang tersembunyi, di mana Cu yang telah masuk ke dalam tubuh tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi setelah beberapa waktu berlalu, misalnya setelah musim berganti, baru tampak gejala; panas dingin seperti pada malaria disertai adanya rasa penuh epigastrik, haus setelah lewat tengah hari, gejala makin parah pada waktu maghrib dan keluar keringat serta menjadi ringan pada waktu matahari terbit.

to be continued

 

Melayani Terapi Alternative Akupuntur di Batusangkar dan sekitarnya

phone/WA: 085274308707 (Melayani terapi panggilan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: